Kamis, 15 Agustus 2013

Radio Streaming #Kumpulan #Musik #DJ

Radio Streaming #Kumpulan #Musik #DJ Berbagi Ilmu mengenai Managemen Radio
Ok..Teman-2 yang iseng-2 atau sedang apa saja , berkesempatan membaca blogg ini mudah-mudahan ada manfaatnya...ini cuman sebuah coretan saja untuk berbagi pengalaman saya yang pernah bergelut di bidang broadcast yaitu Radio Siaran. Profesi ini sudah saya jalani kurang lebih 18 tahun, pada mulanya..ya saya seperti anak muda masa kini (emang sekarang dah umur berapa,nih ?..hush ada aja deh) ya sebetulnya cuman sekedar hobi saja, lama-kelamaan kog asyik juga sampai gak terasa sampai segitu lamanya. kita tahu zaman dulu Radio Siaran  ini juga di jadikan sebagai alat perjuangan dimasa itu ,terutama bangsa Jepang yang masuk ke Indoneia kalo gak salah tahun 1942-1943...nah awal-awal itu sudah mulai bermunculan radio transmitter untuk komunikasi satu dengan yang lainnya untuk kepentingan inteljen dan propaganda,emang sejarahnya cukup panjang sampai berdiri radio siaran Pemerintah yaitu RRI...kan,tahu gimana heroiknya Bung Tomo membakar semangat arek-2 Suroboyo dalam peristiwa 10 Nopember, Pembacaan Teks proklamasi oleh Bung karno..dsb. Tapi kita gak ngomel-2 masa lalu yang penting kita tahu bagaimana peranan Radio di masa itu sangat penting dan vital sekali. Seiring dengan waktu peranan radio siaran berkembang sesuai dengan fungsi radio siaran saat ini, karena Radio siaran juga bagian dari teknologi maka terjadi reformasi yang pesat sekali. Dulu radio penerima  Mbah saya guede-guedeh masih pake sistem tabung (kalo ada contoh gambar Radio kuno asyik juga ya..antik)..blah blah blah hingga zaman radio transistor sampai masuk radio yang pake chips...dan sekarang sudah sampai era Digital
semua sudah pake Digital. ok itu cuman sekilas aja supaya kita tahu sejarah radio, Yang saya ingin ngomel-2 disini ya itu bagaimana pengolahaan / managemen radio siaran (ini menurut pengalaman saya lho..), sebenarnya gk jauh beda dengan TV Siaran.
Referensi-2 mengenai Radio Siaran pasti sudah banyak di Internet search aja di mabah google pasti ada, Bagaimana bentuk struktur organisasi Radio siaran yang ideal , pembagian kerja ruangan nya, pembagian tugas/fungsi para crewnya, peralatan apa saja yang diperlukan, Pemancar yang bagaimana yang mau dipilih Radio pemancar(konveksional) atau Radio streaming internet tinggal pilih, tentu punya cost atau pembiayaan sendiri-2...(.bersambung ya entar diterusin,kalo gk malas nulis aja he he)